Kamis, 11 Oktober 2012

Konsep Dasar New Media dan Contoh Aplikasi New Media

















1. Definisi "New Media"
New Media adalah istilah universal pada abad ke-20 yang mana ditujukan untuk bisa mengakses suatu informasi apa saja, kapan saja, dan dimana saja pada suatu perangkat digital. 

Karakteristik dari New Media sendiri adalah termanipulasi, interaktif, terdistribusi melalui jaringan, terkoordinasi. sebagai contoh internet, komputer multimedia, video game, dan website. New Media tidak termaksud program TV, film, majalah, dan buku.

Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan menghamburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal, massal dan antara komunikasi publik dan pribadi" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
  • Mengubah arti jarak geografis.
  • Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi .
  • Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
  • Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
  • Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah agar bisa di gunakan bersamaan  dan interkoneksi.

New Media sebagai Data Digital yang di kendalikan oleh Software 
Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua objek yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer untuk melakukan penyebaran dengan kualitas umum. New Media menjadi suatu data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Operasi media sekarang dapat membuat menjadi beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling, mempertajam, rasterizing, dll

2. Pandangan mengenai "New Media"
Munculnya New Media telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan lainnya user-generated media.
Saat ini New Media dipandang sebagai dunia baru yang di fasilitasi oleh media-media lengkap dan tak terbatas yang dibutuhkan sesuai permintaan pengguna atau secara umum disebut sebagai Dunia Maya. Pandangan tersebut akan merubah paradigma suatu individu maupun kelompok terhadap interaksi sosial, pendidikan, pola pikir, dll.

3. Manfaat "New Media"

  1. Bidang Industri/Perdagangan
Dalam bidang industri penerapan New Media sudah banyak dilakukan disetiap bidang, dimana setiap bidang industri berusaha mencari keuntungan dari konsumen khususnya melalui internet, seperti publikasi melalui website resmi sebagai media interaktif massal untuk para konsumen. 

     2. Bidang Seni

Dalam bidang seni penerapan New Media dapat di kelompokkan menjadi beberapa bidang, dimana dalam setiap bidang tersebut ternyata dapat menjadi suatu objek digital yang tergabung dalam beberapa bidang, seperti perekaman/pembuatan suatu musik, membuat dan memanipulasi suatu objek dalam format 2D maupun 3D yang menjadikan kedua contoh tersebut menjadi suatu media baru yang lebih interaktif.

     3. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial penerapan New Media sudah berkembang pesat dimana suatu media dibuat menjadi sarana untuk berinteraksi antar sesama pengguna diseluruh dunia yang terhubung oleh jaringan dengan melakukan percakapan teks, suara, dan video. Sebagai contoh sarana tersebut adalah Friendster, Facebook, Twitter, MSN, Yahoo!, Skype, Camfrog.

     4. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan penerapan New Media memberikan kemudahan bagi seluruh umat manusia untuk mengembangkan segala ilmu pengetahuan. Mulai dari berupa teks digital, video tutorial, software interaktif yang dilengkapi tampilan layaknya seorang guru yang sedang mengajar, memberikan soal-soal latihan hingga ujian yang menghasilkan sebuah nilai dari pembelajaran tersebut, dan beberapa kalangan juga membuat sekolah digital bersifat umum yang diresmikan oleh beberapa pihak dengan beberapa ketentuan yang dilampirkan oleh pihak tersebut.


4. Komponen "New Media"
Komponen "New Media" yang paling utama adalah pengguna/manusia tersebut yang berperan sebagai produsen atau komsumen suatu media dan sebagai komponen penyedia adalah jaringan internet, dan beberapa software yang digunakan sesuai kebutuhan pengguna.
Pengguna sebagai Komponen "New Media" bisa memanfaatkan satu media saja untuk berbagai hal yang berbeda seperti sosial, bisnis, belajar, dll.


5. Aplikasi "New Media"
  1. Multimedia
Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Multimedia. Multimedia dapat menyediakan suatu media yang dapat mengerjakan segala sesuatu secara berbeda-beda. sebagai contoh multimedia adalah mengabungkan suatu video dengan suatu audio atau teks digital dan buat menjadi berbagai format yang tersedia agar menghasilkan suatu media baru. salah satu software multimedia tersebut adalah Adobe After Effect, Windows Movie Maker, dll.

     2. Social Networking

Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Social Networking. Social Networking menyediakan aplikasi-aplikasi tersendiri untuk pengguna yang telah terdaftar sebagai member/user agar dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain diseluruh dunia baik itu dalam menjalin pertemanan, bisnis, organisasi, dll. penyedia Social Networking juga menyediakan sistem privasi tersendiri yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna tersebut agar aman dan nyaman, seperti user id, password, tampilan profile, dll.

     3. Smart Phone/Android

Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Smart Phone/Android. Smart Phone/Android akhir-akhir ini menjadi suatu media berkembang sangat pesat. Sebagai contoh Blackberry, iPhone, Samsung Galaxy adalah suatu produk yang mengaplikasikan New Media layaknya suatu komputer dalam genggaman. Mereka menyediakan aplikasi tersendiri yang telah dibuat dan disesuaikan dengan format yang bisa dioperasikan pada Smart Phone/Android tersebut.

6. Kekurangan "New Media"
Terkadang suatu media memberi keuntungan bagi manusia tetapi ternyata media juga memiliki kekurangan yang dapat dirasakan oleh manusia yang bisa merugikan atau melanggar kode etik. beberapa kekurangan tersebut adalah : 
  1. Social Engeenering
Social Engeenering adalah suatu cara teknik sederhana yang digunakan oleh pada pengguna yang tidak bertanggung jawab atau mungkin terjadi suatu hal kecil seperti salah paham dalam suatu media sosial tersebut sehingga menyebabkan pengguna tersebut berniat untuk mencari informasi privasi seseorang yang terproteksi bahkan lebih buruknya adalah mempublikasikan suatu privasi seseorang dalam media sosial tersebut sehingga dapat terlihat oleh banyak orang secara bebas. dan sebagai kekurangan dari perkembangan New Media terdapat pada manusia itu sendiri yang menggunakan suatu media tersebut menjadi sarana yang merugikan pengguna lain.

     2. Virus/Backdoor

Virus/Backdoor sebenarnya 2 hal yang dengan tujuan yang berbeda tetapi penerapannya terkadang sama. dalam perkembangan New Media, banyak para pengguna yang tidak bertanggung jawab memanipulasi atau memasukan suatu virus/backdoor kedalam suatu media dengan cara mengupload media yang telah di manipulasi/di infeksi virus tersebut kedalam suatu situs dan menghasilkan suatu link yang akan di sebarkan oleh pengguna tersebut ke berbagai media agar ketika pengguna lain mengunjungi atau mendownload media tersebut maka komputer pengguna yang  mendownload tersebut bila tidak terproteksi secara aman mungkin pelan-pelan atau secara langsung merasakan berbagai efek dari virus atau telah dikendalikan oleh pengguna yang sebelumnya telah memanipulasi media tersebut sehingga menjadi backdoor.

     3. Ketergantungan

Sebagai komponen New Media, manusia/pengguna akan lebih memilih media sebagai media sosial yang mudah daripada bertemu secara fisik dan lebih mementingkan manusia/teman yang terdapat dalam media tersebut dan jauh dari pengguna tersebut daripada manusia/teman yang berada dekat disekitarnya. Semua itu disebabkan karena manusia telah ketergantungan oleh media tersebut sehingga paradigma pola pikir manusia tersebut telah terpengaruh dan tidak memikirkan keadaan lingkungan sosial disekitarnya.

  


Sumber Artikel,


Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322

Sumber Gambar,


bpsos.org
residentialsportscourses.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar